Rabu, 01 Juni 2011

Jemaat dan Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga!


Hari ini jemaat Kristiani memperingati kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Peristiwa itu terjadi 40 hari setelah kebangkitanNya dari antara orang mati.

Lukas menulis tentang kenaikan ini dalam bukunya Kisah Para Rasul, “ … terangkatlah Ia (Yesus) disaksikan oleh mereka (rasul-rasulNya), dan awan menutupNya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang (malaikat) yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka, ‘Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga. Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun … ’” (Kisah Para Rasul 1:9-11).

Jemaat perlu memperhatikan, bagaimana proses keberangkatan Yesus meninggalkan bumi menuju ke sorga itu dilakukan?


Pertama, Yesus terangkat ke sorga dari sebuah bukit bernama Bukit Zaitun, dekat kota Yerusalem. Kedua, Ia terangkat secara perlahan-lahan, tidak mendadak (Inggris: gradually). Ketiga, secara jasmani; jadi bukan hanya roh & jiwaNya saja yang diangkat ke sorga melainkan dengan segenap tubuhNya juga. Keempat, terjadi di depan umum, yaitu kelihatan dengan jelas oleh murid-muridNya. Kelima, disertai oleh awan kemuliaan.

Setibanya di sorga, Tuhan Yesus duduk di sebelah kanan Allah Bapa di tempat maha tinggi (Ibrani 4:14; 1:3; 10:12; Roma 8:34; Kolose 3:1; I Petrus 3:22). Kitab Ibrani menulis bahwa Yesus "melintasi semua langit", artinya untuk sampai ke sorga Dia harus melewati atmosfir udara bumi, kemudian ruang kekuasaan roh-roh jahat yaitu angkasa luar, sebelum akhirnya tiba di kediaman BapaNya di sorga, yang oleh rasul Paulus disebut langit ketiga.

Tuhan Yesus sendiri sebelumnya sudah memberitahukan murid-muridNya bahwa Ia akan pergi ke rumah Bapa. Kembalinya Tuhan Yesus ke sorga memberikan paling sedikit dua manfaat bagi jemaat-Nya:

1.menyediakan tempat bagi kita di sorga (Yohanes 14:2)
2.mengutus Roh Kudus untuk diam di dalam kita (Yohanes 14:16-17)

Yang menarik pada kenaikan Yesus ini ialah, pernyataan malaikat bahwa Yesus akan turun kembali ke bumi dengan cara yang sama seperti yang dilihat rasul-rasul tatkala Ia naik ke sorga!

Yesus yang telah naik ke sorga, adalah Yesus yang akan datang kembali untuk menjemput jemaatNya dan membawa semua orang percaya ke tempat di mana Ia berada sekarang. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar