Rabu, 13 April 2011

YESUS ADALAH SEORANG PENDOA


Sebelum berkarya, Yesus selalu menyempatkan diri untuk berdoa. Apalagi untuk masalah yang satu ini, Yesus harus memilih kedua belas rasul-Nya. Mereka perlu dipersiapkan untuk meneruskan tugas perutusan guna menyebarkan khabar keselamatan untuk umat manusia. Agar pemilihan-Nya tidak meleset, maka mohon bimbingan Bapa agar pemilihan yang penting ini tidak bermasalah.

Yesus memberikan teladan untuk berdoa. Bahkan Yesus bisa berdoa semalaman tanpa henti. Dengan cara ini, Ia mau meneladani para murid dan para pengikut-Nya untuk tidak jemu-jemunya berdoa. Doa merupakan sumber kekuatan hidup rohani.

Kepergian-Nya ke bukit untuk berdoa, Ia sungguh-sungguh dan bersikap hati-hati dalam memilih orang-orang dekat-Nya. Pemilihan ke-12 murid-Nya melambangkan ke 12 suku Israel. Kedua belas murid-Nya diambil dari berbagai kalangan, ada yang berasal dari nelayan, dari pemungut cukai (Matius), dan dari orang lainnya dari orang militant anti penjajahan yakni Yudas Iskariot, dan Simon dari orang Zelot.

Sesudah itu Yesus dalam karya-Nya harus menyembuhkan banyak orang, dari mereka yang mengalami sakit penyakit, sampai mereka yang kerasukan roh jahat. Semua orang berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya, dan semua orang disembuhkan.

Dalam karya-Nya Yesus selalu membuat mukjizat penyembuhan, dan banyak di antaranya yang bertobat dan mengikuti Yesus. Namun demikian, walau mereka menyaksikan mukjizat itu, ada pula yang tidak percaya. Ahli Taurat dan orang Farisi adalah kelompok-kelompok yang tidak percaya kepada Yesus. Bahkan mereka terus mengamati Yesus khususnya pada hari Sabat. Menurut mereka pada hari Sabatpun, mereka tidak boleh berbuat baik, dan berhenti berbuat baik.

Yang dapat kita petik dari renungan Injil Lukas hari ini, adalah bahwa baik sekali kalau kita mempunyai kebiasaan baik dengan doa-doa kita. Menimba suatu doa merupakan kebiasaan yang baik sehingga kita meniru Yesus bagaimana berdoa terus kita lakukan apalagi pada saat-saat kita memang membutuhkan bantuan dari doa. Oleh karena itu, kita tidak boleh berhenti atau malas berdoa.

Demikian renungan singkat hari sebagai inspirasi dari Injil Lukas 6:12-19, Tuhan berkati.-***

Doa,

Ya, Bapa, ajarilah aku untuk terus berdoa melaui Putera-Mu, Yesus, Juru Selamat kami, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar